Home > MySQL > membuat relationship di mysql dengan FOREIGN KEY

membuat relationship di mysql dengan FOREIGN KEY

membuat suatu relationship di sebuah database itu hal yang
gampang gampang susah “meni serius yc”, hhe..

langsung aja yc di sini saya ingin membuat relationship di MYSQL,
mungkiin untuk di MS. ACCESS itu hal yang mudah tinggal drag sana
drag sini trus checlist jadi dech, tapi beda halnya dengan di mysql.
udah ah kita langsung aja yc ,

pertama kita buat 2 buat table

create table siswa(
NIS varchar(7) not null primary key,
NAMA varchar(30) not null,
KELAS varchar(4))ENGINE=INNODB;

create table absen(
NIS varchar(7)not null,
JAM_MASUK datetime,
JAM_KELUAR datetime)ENGINE=INNODB;

ya table nya emang itu itu saja yang namanya create table,
nah di sini baru kita buat relasinya

alter table `absen` add CONSTRAINT `siswa_fk`
FOREIGN KEY (`NIS`) REFERENCES `siswa`(`NIS`) 
ON DELETE CASCADE ON UPDATE CASCADE

masih bingung ? ni saya jelasin ununtuk yg `siswa_fk` itu
nama dari foreign nya bebas ko di isi apa aja tapi jangan samapi ada yang sama
jadi kita alter table absen, artinya jika kita update atau delete record
yang ada di table siswa maka table absen pun ikut terganti atau terdelete.

untuk menghapus FOREIGN KEY itu juga mudah, hanya dengan

ALTER TABLE `siswa` DROP FOREIGN KEY `siswa_fk`;

untuk melihat sebuah nama FOREIGN KEy dari table ini, mestinya ini dulu yc baru untk menghapus
tapi biarin deh biar di baca semuanya, hhe.

SHOW CREATE TABLE `absen` 

eh ada yang kelupaan, jika table yang dibuat itu sudah lama
liat dulu type table yang di pakai apakah MyIsam atau InnoDB atau yang lainya,
eh ternyata punya aku MyIsam, aduh gimana yac enggak bisa donk, tidak perlu panik
gunakan saja

ALTER TABLE `siswa` ENGINE = InnoDB
About these ads
Categories: MySQL
  1. 12/04/2010 at 1:48 pm

    ini coding nya di phpmyadmin? harus inget key2 nya yg akan di buat donk?

    kalau ‘siswa_fk’ itu untuk apa?, ngaruh sama query di php gak?

    ada indikasi nya gak, kl fields sudah di foreign key?

    ada cara yg lebih mudah gak? spt misal di phpmyadmin kn ada di masuk database/masuk table/structure/relation view disitu tinggal select2 aja field2 yg akan direlational.

    Tx.

  2. 12/04/2010 at 3:39 pm

    ini saya buat menggunakan tools Navicat, ya nama nya juga Foreign key pasti harus key, tapi walopun kita lupa juga kita bisa liat di design yang mana Field yang menggunakan key nya.

    untuk siswa fk itu ngaruh ke query untuk penghapusan relasi antar ke dua tabel itu.

    tidak ada indikasi untuk tabel yang sudah di foreign key hanya saja tabel yang di foreign key akan selalu berubah sesuai data yang menjadi acuan foreignkeynya.

  3. TIsejati
    10/06/2014 at 1:58 am

    bahasanya kacau galau, gan…..maksud hati ingin renyah bahasax tp malah jadi susah dipahami…..contoh2x juga gak memadai

  4. yandi
    22/09/2014 at 11:16 pm

    kren bang

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: