Home > PHP > membuat angka nol di depan bilangan ..

membuat angka nol di depan bilangan ..

setelah kemaren ngerjain aplikasi yang enggak puguh punya kesulitan nie untuk membuat kode barang yang bertype integer di db nya tapi saya ingin tampil ada angka nol nya di depan angka itu kalo untuk varchar itu enggak jadi masalah, dari pada ganti jdi varchar lebih baik saya cari solusinya tanya sana tanya sini eh ada temen saya yang ngasih function, ya sekedar ingin berbagi,

<?php
 function nolnoldidepan($value, $places){
 if(is_numeric($value)){
 for($x = 1; $x <= $places; $x++){
 $ceiling = pow(10, $x);
 if($value < $ceiling){
 $zeros = $places - $x;
 for($y = 1; $y <= $zeros; $y++){
 $leading .= "0";
 }
 $x = $places + 1;
 }
 }
 $output = $leading . $value;
 }
 else{
 $output = $value;
 }
 return $output;
}
?>

enggak sulit, cara nya tinggal di echo kan saja masih enggak tau juga, itu biasa yg di katakan temen saya ke saya jadi malu jga yc, ya udah ni saya kasih contoh :

<?php
$bilangan=1;
echo nolnoldidepan($bilangan,3);
?>

gampang kan, :d

Categories: PHP
  1. taofik
    09/04/2010 at 3:52 pm

    tah kitu atuh kudu aya kemauan…. hehehehehehe…

    bagus juga tutorialnya….

    • 12/04/2010 at 8:54 am

      enya atue,,
      ke ente bantuan nya, hhe..

      ya masih tutorial kecil” an dulu laa ..
      sambil bantu” adik” kelas, hha..

  2. hakim
    30/10/2014 at 11:18 am

    makasih ya atas functionnya…inshaallah mengalir terus kemuliaannya. amiin

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment